KISAH PEMUDA PENGHINA ADZAN YANG DIBIMBING OLEH BAGINDA NABI SAW


Assalamu'alaikum Wr. Wb. sahabat pembaca yang budiman di manapun anda berada...
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga kita semua senantiasa diberikan nikmat berupa kesehatan, ilmu yang bermanfaat, serta umur yang barokah. Aamiin Yaa Rabballalaamiin...

Beberapa hari terakhir ini negara kita sedang digegerkan oleh “PUISI” dari salah seorang putri Bapak Proklamator Kemerdekaan negara kita tercinta. Banyak diantara kita yang menyebutkan bahwa ini hanya sebuah puisi biasa sehingga tidak perlu ditanggapi secara berlebihan. Tidak sedikitpula yang menganggap ini merupakan sebuah penistaan terhadap syari’at agama Islam, bahkan kemarin sempat dilakukan demonstrasi terhadap puisi tersebut.

Berikut ada sebuah kisah tentang seorang pemuda yang menghina adzan yang kemudian menjadi sangat beruntung karena mendapatkan bimbingan langsung dari Baginda Rasulullah SAW. Semoga dengan membaca artikel ini, kita menjadi pribadi yang lebih dewasa dalam segala hal dan mampu menambah keilmuan keagamaan kita. Selamat menikmati dan semoga bermanfaat bagi kita semua.


KISAH PEMUDA PENGHINA ADZAN YANG DIBIMBING OLEH BAGINDA NABI SAW


قال عنه الذهبي - رحمه الله-: " مؤذن المسجد الحرام، وصاحب النبي - صلى الله عليه وسلم - وقد كان من أندى الناس صوتاً، فعن أبي محذورة قال: لما رجع النبي - صلى الله عليه وسلم - من حنين خرجت عاشر عشرة من مكة نطلبهم، فسمعتهم يؤذنون للصلاة، فقمنا نؤذن نستهزئ، فقال النبيُّ - صلى الله عليه وسلم - :((لقد سمعت في هؤلاء تأذين إنسان حسن الصوت)). فأرسل إلينا، فأذنَّا رجلاً رجلاً، فكنت آخرهم، فقال حين أذنت: ((تعال)). فأجلسني بين يديه، فخلع عمامتي ومسح على ناصيتي ثم قال: ((اللهم بارك فيه، وأهده إلى الإسلام))،فبارك عليَّ ثلاث مرات، ثم قال: ((اذهب فأذن عند البيت الحرام)).
قلت: كيف يا رسول الله؟ فعلمني الأولى كما يؤذنون بها، وفي الصبح الصلاة خير من النوم، وعلمني الإقامة مرتين مرتين.
وجاء أنه بعدما مسح رسول الله -صلى الله عليه وسلم- على شعره لا يجز ناصيته ولا يفرقها قال: "والله لا أحلق هذا الشعر حتى أموت".
شعر مسه ذاك الكف، والله لا أحلقه حتى أموت، فوصل شعره إلى نصف جسمه، ولذلك كان يرده جذائل.
وعن عبد العزيز بن عبد الملك بن أبي محذورة أن عبد الله بن محيريز أخبره، وكان يتيماً في حجر أبي محذورة حين جهزه إلى الشام، فعلمه الأذان.
قال الواقدي: كان أبو محذورة يُؤذِّنُ بمكة إلى أنْ توفي سنة تسع وخمسين، فبقي الأذان في ولده وولد ولده إلى اليوم بمكة قيل: بقي الأذان في ذريته إلى زمن الشافعي.
وأنشد مصعب بن عبد الله لبعضهم:
أمـا ورب الكعبة الـمستـوره **** ومـا تـلا محـمد مـن سـورة
والنـغمات مـن أبي محـذوره **** لأفعـلنَّ فعــلة منـكـــورة

Abu Mahdzurah
Namanya adalah Aus bin Mughirah al-Jumahi. Rasulullah memerintahkannya untuk mengumandangkan adzan di Mekah sekembalinya beliau dari Hunain.
Ketika Mekah berhasil ditaklukkan kaum muslimin, Rasulullah memerintahkan Bilal untuk mengumandangkan adzan dari atas Ka’bah. Sebagian pemuda Quraisy, yang masih belum lapang dada menerima Islam, menirukan suara Bilal. Mereka marah dan bermaksud mengejeknya. Sampai salah seorang pemuda yang bernama Abu Mahdzurah al-Jumahi pun meniru-niru adzan Bilal.
Abu Mahdzurah, pemuda 16 tahun, termasuk orang Quraisy yang paling merdu suaranya. Saat ia mengangkat suara mengumandangkan adzan dengan maksud ejekan, Rasulullah mendengarnya. Nabi memanggilnya dan mendudukkannya di hadapan beliau. Abu Mahdzurah menyangka inilah akhir riwayat hidupnya karena ulahnya itu. Tapi, Rasulullah malah mengusap dada dan ubun-ubun pemuda itu dengan tangan beliau yang mulia. Abu Mahdzurah mengatakan, “Demi Allah, hatiku terasa dipenuhi keimanan dan keyakinan. Dan aku meyakini bahwa ia adalah utusan Allah.” (as-Suhaili dalam ar-Raudh al-Unfu Juz: 7 Hal: 239).
Setelah Abu Mahdzurah beriman, Rasulullah mengajarinya adzan. Jadilah ia orang pertama yang mengumandakan adzan setelah Rasulullah meninggalkan Mekah menuju Madinah. Ia terus menjadi muadzin di Masjid al-Haram hingga akhir hayatnya. Kemudian dilanjutkan oleh keturan-keturunannya hingga waktu yang lama. Ada yang mengatakan hingga masa Imam asy-Syafi’i.
Diceritakan bahwa Abu Mahdzurah setelah dibelai rambutnya oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, ia tidak pernah mencukur rambutnya seraya berkata : "Demi Allah saya tidak akan pernah mencukur rambut saya ini sampai akhir hayat".


Sumber : P2S2 Sukorejo Situbondo Jawa Timur
(Khutbah Jumat yang disampaikan oleh KH.R. AHMAD AZAIM IBRAHIMY)


0 Response to "KISAH PEMUDA PENGHINA ADZAN YANG DIBIMBING OLEH BAGINDA NABI SAW"

Post a Comment