ARITMATIKA DASAR PADA MICROSOFT EXCEL

BERBAGI PENGETAHUAN 
Assalamu'alaikum Wr. Wb. sahabat pembaca yang budiman di manapun anda berada...
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga kita semua senantiasa diberikan nikmat berupa kesehatan, ilmu yang bermanfaat, serta umur yang barokah. Aamiin Yaa Rabballalaamiin...
            
Hari ini saya akan membahas tentang Operasi Aritmatika sebagai Fungsi atau rumus yang digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dan perpangkatan atau operator yg digunakan untuk melakukan perhitungan pada bilangan. 

Operator adalah simbol atau tanda yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk melakukan pemrosesan atau perhitungan data. Operator Excel menentukan tipe perhitungan yang ingin kita jalankan pada elemen sebuah rumus excel seperti penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dan lain sebagianya.

Secara umum penggunaan operator excel ini mengikuti urutan aturan perhitungan matematika umum. Misal operator perkalian dan pembagian didahulukan daripada operator penjumlahan dan pengurangan. Namun, kita bisa mengubah urutan ini dengan menggunakan tanda kurung "(...)".

OPERATOR ARITMATIKA


Operator Aritmatika Excel atau operator matematika digunakan untuk melakukan operasi matematika dasar, seperti penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian. Serta untuk menggabungkan angka dan atau menghasilkan nilai numerik.

OPERATOR
ARTI
+
Plus/Tambah
Untuk penjumlahan
-
Minus/Kurang
Untuk pengurangan
*
Asterik/Bintang
Untuk perkalian
/
Slash/Garis Miring
Untuk pembagian
%
Percent/Persen
Untuk menyatakan bilangan dalam persen (per seratus)
^
Caret/Sisipan
Untuk menyatakan pangkat
Operator Aritmatika Pada Microsoft Excel


OPERATOR PERBANDINGAN


Saat dua nilai dibandingkan dengan menggunakan operator perbandingan excel ini, hasilnya adalah nilai logika TRUE atau FALSE.

Jenis operator inilah yang akan sering kita butuhkan saat menggunakan fungsi-fungsi logika dalam menyusun rumus excel semisal pada fungsi IF, fungsi OR, fungsi AND, dan fungsi NOT.


OPERATOR
ARTI
=
Sama dengan ...
> 
Lebih dari ...
< 
Kurang dari ...
>=
Lebih dari atau Sama dengan ...
<=
Kurang dari atau Sama dengan ...
<> 
Tidak sama dengan ...
Operator Perbandingan Pada Microsoft Excel
          
            Silahkan klik download file berikut untuk memulai praktik dan mengerjakan soal latihan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Semoga kita semua senantiasa diberikan nikmat berupa kesehatan, ilmu yang bermanfaat, serta umur yang barokah. Aamiin Yaa Rabballalaamiin...
            Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 Response to "ARITMATIKA DASAR PADA MICROSOFT EXCEL"

Post a Comment